Menginstal Aplikasi dalam Linux

Kadang program yang kita perlukan tidak terdapat dalam distro yang terpasang dalam komputer kita. Untuk itu kita harus melakukan instalasi supaya kita dapat menggunakan aplikasi tersebut. Janganlah takut terlebih dahulu, karena menginstal aplikasi di dalam Linux relatif mudah.

Dalam tulisan kali ini penulis akan mencoba untuk menuliskannya secara langkah per langkah.

Baca Dokumentasi

Langkah pertama yang sebaiknya dilakukan adalah membaca dokumentasi dari aplikasi yang akan kita instal. Biasanya dokumentasi tersebut dapat dibaca pada homepage yang menyediakan aplikasi tersebut.

Download Program

Setelah mendapat gambaran file apa yang perlu di download, versi yang sesuai dengan distro kita, dan lain-lain, maka program yang kita inginkan dapat di download.

Instalasi Paket RPM

Jika aplikasi yang kita download dalam bentuk RPM, biasanya proses instalasi relatif lebih mudah untuk dilakukan. Untuk melakukan instalasi gunakan perintah:

# rpm ivh namapaket.rpm

untuk keterangan lengkap mengenai penggunaan RPM, dapat dibaca pada artikel lain pada situ ini yang khusus membahas tentang RPM.

Instalasi Paket non-RPM

Selain dalam bentuk RPM, kadang paket aplikasi tersebut juga berupa file terkompresi (*.tar.gz atau *.bz2), untuk itu sebelum melakukan instalasi, terlebih dahulu paket tersebut harus di dekompres. Untuk file berakhiran *.tar.gz, gunakan perintah:

# tar xzvf namapaket.tar.gz

sedangkan file berakhiran *.tar.bz2 diekstrak menggunakan perintah:

# tar xjvf namapaket.tar.bz2

Sebagian besar paket aplikasi tersebut menyertakan file README dan INSTALL yang berisi petunjuk mengenai aplikasi tersebut dan bagaimana cara instalasinya. Ada baiknya file tersebut dibaca.
Secara umum, langkah instalasi dibagi menjadi tiga bagian, pertama script yang disertakan dalam paket aplikasi akan mendeteksi secara otomatis setting yang terdapat pada komputer. Untuk melakukan proses tersebut gunakan perintah:

# ./configure

kesalahan biasa terjadi ketika ada fasilitas yang diperlukan oleh program belum tersedia pada komputer. Setelah proses ini selesai, langkah kedua adalah proses kompilasi, untuk menjalankannya, perintahnya:

# make

langkah terakhir adalah melakukan instalasi dari program yang sudah di kompile tersebut, perintahnya:

# make install

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: