10 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Agar Blog Tampak Profesional

Meskipun jarang meninggalkan jejak, saya terkadang meluangkan waktu sejenak untuk blog walking. Terutama mengunjungi blog-blog milik teman-teman yang sering berkomentar di sini. Hasil dari sidak tersebut adalah saya menemukan beberapa blog yang terkesan janggal digunakan sebagai ladang pencari uang. Dengan kata lain, blog-blog tersebut lebih cocok disebut sebagai blog pribadi dibandingkan blog profesional (baca: komersil). Efeknya tentu saja adalah penghasilan yang tidak maksimal dan (maaf) membuat pengunjung (dalam konteks pencari informasi) malas untuk datang kembali.

Berikut ini adalah 10 hal yang menurut saya tidak sebaiknya dilakukan oleh blogger agar blognya tampak profesional:

  1. Memasang gambar header segede gajah. Meskipun blog Anda tentang gajah sekali pun, bukan berarti hal yang wajar apabila Anda memajang gambar gajah di bagian header dengan ukuran 1 layar penuh.
  2. Menggunakan gambar background yang mencolok / kontras. Pengunjung datang untuk membaca tulisan Anda, bukan untuk melihat gambar latar belakang tersebut.
  3. Menyisipkan / meng-embed lagu. Meskipun formatnya MP3, tetep saja kesannya 90-an alias jadul banget.
  4. Meletakkan banyak banner / button / icon. Biar gambarnya keren sekali pun, kalau jumlahnya terlalu over, tetap saja kesannya jorok / ramai.
  5. Meletakkan banyak link di Blogroll. Oke lah, teman Anda banyak. Tapi bukan berarti daftar blog milik teman-teman satu kelas harus Anda tuliskan di Blogroll.
  6. Memasang java Applet. Applet jam analog atau digital? Emang apa gunanya toolbar Windows?
  7. Menampilkan informasi tentang IP pengunjung. Blognya sebenarnya mau dikunjungi atau mau memata-matai pengunjung?
  8. Membuat posting tanpa mempedulikan tanda baca. Tanda titik dan koma diajarkan sejak SD karena memang ada gunanya.
  9. Terlalu sering membuat posting yang tidak berhubungan dengan topik blog (kecuali jika blognya bersifat umum). Jelas dong, kalau saya berkunjung ke blog tentang kucing, saya mau baca tentang kucing, bukannya tentang ular sawah.
  10. Memasang shoutbox. Tidak terlalu mengganggu sih… tapi suer, gak cocok banget kalau untuk blog bisnis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: